SQLite

SQLite adalah sistem manajemen data base yang terdapat dalam library pemrograman C. Berbeda dengan banyak sistem manajemen basis data lainnya, SQLite bukanlah mesin basis data client-server. Sebaliknya, SQLite tertanam ke dalam program akhir sehingga SQLite cocok di gunakan untuk mendukung penyimpanan data akhir untuk pengguna akhir (End-User).
SQLite cukup populer untuk di gunakan sebagai perangkat lunak basis data yang di taman untuk penyimpanan lokal / klien dalam perangkat lunak aplikasi seperti peramban web. Bisa di bilang basis data yang paling banyak digunakan, seperti yang sekarang digunakan oleh beberapa peramban web, sistem operasi, dan sistem embedded yang luas (seperti ponsel), SQLite juga telah terintegrasi dengan banyak bahasa pemrograman.
(sumber dosenit.com) 

Kelebihan dan Kekurangan

1. karena hanya menggunakan operasi read/write tanpa adanya perantara proses server tesendiri, tentunya akan membuat performance yang ditawarkan oleh SQLite menjadi jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan database yang lain.
2. sifat serverless dan zero confirguration, akan lebih memudahkan pengembang untuk melakukan migrasi dari satu environment ke environment yang lain. Cukup dengan copy paste file-file yang diperlukan maka aplikasi dan database kita akan termigrasi dengan mudah. 3. beberapa syntaq SQL standard yang ndak disupport oleh SQLite. Perintah right outer join misalnya, ndak disupport oleh SQLite (paling ndak sampai saat post ini ditulis). Jadi ya kita harus pinter-pinter saja menggunakan query.
4. sistem keamanan lemah, karena berdasar operasi baca/tulis, maka security yang dimiliki oleh SQLite ya hanya read dan write yang didasarkan pada security file system environment yang digunakan. Jangan mikir untuk menggunakan konsep schema, grant ini grant itu dengan menggunakan SQLite. Semua security harus dimanage oleh business logic layer aplikasi.
5. Reliability, untuk ukuran data yang kecil, reliability/ketahanan database SQLite mungkin lebih baik daripada database konvensional. Tapi untuk data besar hal ini akan sulit. Kenapa ? Karena SQLite menggunakan operasi read/write secara langsung ke file. Sehingga ketika operasi write terjadi, seluruh file akan di-lock dan menyebabkan operasi yang lain tidak bisa berjalan. Meskipun proses locking ini terjadi hanya dalam hitungan mili bahkan mungkin micro second. Tapi kalau frekuensi pengaksesan data cukup tinggi bisa jadi akan menyebabkan turunya performansi aplikasi. Dalam beberapa kasus hal ini bisa diakali dengan memecah data menjadi beberapa file yang lebih kecil.
(sumber ariefdarmawan.com)

Microsoft (Office) Access

Microsoft Access merupakan sistem manajemen basis data (database management system / DBMS) dari Microsoft yang menggabungkan Microsoft Jet Database Engine dengan antarmuka dan alat pengembangan perangkat lunak. Access adalah bagian dari rangkaian aplikasi Microsoft Office, termasuk dalam edisi Profesional dan edisi yang lebih tinggi atau dijual terpisah (hanya Microsoft Access saja).
Microsoft Access menyimpan data dalam formatnya sendiri berdasarkan Microsoft Jet Database Engine. Access juga dapat mengimpor atau menghubungkan langsung ke data yang tersimpan dalam aplikasi dan database lain. Pengembang perangkat lunak dapat menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan perangkat lunak. Seperti aplikasi Microsoft Office lainnya, Access didukung oleh Visual Basic for Applications (VBA), DAO (Data Access Objects), ActiveX Data Objects, dan banyak komponen ActiveX lainnya.
Microsoft Access cocok di gunakan pada sistem informasi dengan basis data terdistribusi, basis data Microsoft Access disimpan dalam file berekstensi .mdb atau .accdb dan tidak memerlukan server basis data aktif sehingga cenderung bersifat “portable”, Microsoft Access juga mendukung relasional (hubungan) antar tabel sehingga jika boleh Saya akan menyebutnya dengan “miniatur RDBMS”. Microsoft Access juga dapat dengan mudah di-import ke dalam berbagai sistem manajemen basis data “besar” seperti Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle, dan lain sebagainya.
(sumber dosenit.com)

Kelebihan

1. Kemudahan pengoperasian aplikasi
Microsoft Access menjanjikan kemudahan dalam pengoperasian softwarenya. berbagai wizard dan template form, query, report, disediakan untuk digunakan dan dimodifikasi dengan mudah.
2. Mudah dalam menyusun relasi dan Query (SQL) table
Dengan menggunakan Microsoft Access, Kita dapat menyusul relasi (hubungan) antar tabel dengan mudah. Dengan fitur yang disediakan akan mempermudah Kita dalam membuat skema relasi dan SQL table.

Kekurangan

1. Aplikasi ini tidak free atau proprietary
Aplikasi Microsoft Access bukanlah aplikais free, yang artinay untuk menggunakan software ini Kita harus membayar biaya untuk lisensi software yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi. Hal ini berbeda dengan aplikasi freeware atau opensource dimana tidak dikenakan biaya dalam penggunaannya.
2. Orientasi database lebih kepada penggunaan lokal dan jaringan berskala kecil menengah, dan bukan client-server
Arsitektur database Microsoft Access lebih ditujukan kepad penggunaan lokal atau standalone dan jaringan kecil menengah sederhana dimana konsep client-server tidak digunakan.
 (sumber dosenit.com) 

Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah sistem manajemen basis data yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebagai server database, Microsoft SQL Server adalah produk perangkat lunak dengan fungsi utama menyimpan dan mengambil data sesuai permintaan aplikasi perangkat lunak lain yang mungkin berjalan baik di komputer yang sama atau pada komputer lain melalui jaringan (termasuk Internet).
Microsoft memasarkan setidaknya 12 edisi berbeda dari Microsoft SQL Server, ditujukan untuk pengguna yang berbeda dan untuk beban kerja mulai dari aplikasi mesin tunggal kecil hingga aplikasi yang menghadapi Internet besar dengan banyak pengguna bersamaan.
(sumber dosenit.com)

kelebihan 

1.Bekerja dengan sangat baik pada sistem operasi WindowsKelebihan dari Microsoft SQL Server yang pertama adalah tentu saja dapat bekerja dengan sangat baik pada semua sistem operasi windows, mulai dari Windows Xp, VIsta, Seven, dan juga 8 berbagai versi. Hal ini tentu saja disebabkan karena Microsoft SQL Servers juga merupakan software DBMS yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft itu sendiri, maka dari itu Microsoft SQL Server sangat baik dan juga cocok apabila digunakan dan juga diaplikasikan pada sistem operasi windows.
2.Mendukung banyak software databaseMicrosoft SQL Servers juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu mendukung banyak sekali software database. Hal in itentu saja akan membantu mempermudah pekerjaan anda sebagai seorang programmer untuk mengolah database. Anda dapat mengugnakan software database apaoun yang ingin dan biasa anda gunakan, tanpa perlu khawatir tidak akan kompatibel dengan software Microsoft SQL Servers ini.

kekurangan 

1.Harga belinya yang lumayan tinggiHarga jual dari produk software Microsoft memang cenderung tinggi dan mahal apabila dibandingkan degnan software lainnya. Hal ini memang merupakan salah satu hal yang wajar, karena Microsoft SQL Servers merupakan salah satu software yang sangat kompten di bidang DBMS.
2.Tidak multi OS, hanya bisa digunakan pada sistem operasi yang dibuat oleh MicrosoftKekurangan lainnya dari software Microsoft SQL Servers ini yang berikutnya adalah hanya identik dengan sistem operasi Windows saja. Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Mac ataupun Linux dan Ubuntu, maka anda hanya bisa gigit jari, karena Microsoft SQL Server belum mendukung multi OS.
(sumber dosenit.com)

MySQL

MySQL adalah sebuah database management system (manajemen basis data) menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal. Database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia.MySQL adalah DBMS yang open source dengan dua bentuk lisensi, yaitu Free Software (perangkat lunak bebas) dan Shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunaannya terbatas). Jadi MySQL adalah database server yang gratis dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga dapat Anda pakai untuk keperluan pribadi atau komersil tanpa harus membayar lisensi yang ada.

kelebihan 

1.Mendukung Integrasi Dengan Bahasa Pemrograman Lain.
Website atau perangkat lunak terkadang dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, jadi Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan MySQL. Maka dari itu, MySQL bisa membantu Anda untuk mengembangkan perangkat lunak yang lebih efektif dan tentu saja lebih mudah dengan integrasi antara bahasa pemrograman.
2. Tidak Membutuhkan RAM Besar.
MySQL dapat dipasang pada server dengan spesifikasi  kecil. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda hanya mempunyai server dengan kapasitas 1 GB karena Anda masih bisa menggunakan MySQL sebagai database Anda.

kekurangan 

1. Sulit Mengelola Database yang Besar
Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi atau sistem di perusahaan dengan database yang cukup besar, ada baiknya jika menggunakan database manajemen sistem selain MySQL. MySQL dikembangkan supaya ramah dengan perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah, itulah mengapa MySQL tidak memiliki fitur yang lengkap seperti aplikasi lainnya
2. Technical Support yang Kurang Bagus
Sifatnya yang open source terkadang membuat aplikasi tidak menyediakan technical support yang memadai. Technical support MySQL diklaim kurang bagus. Hal ini membuat pengguna kesulitan. Apalagi jika pengguna mengalami masalah yang berhubungan dengan pengoperasian perangkat lunak tersebut dan membutuhkan bantuan technical support.
(sumber niagahoster.co.id) 

Firebird

Firebird adalah sistem manajemen basis data SQL relasional yang open source dan berjalan di Linux, Microsoft Windows, Mac OS X dan berbagai sistem operasi Unix-like. Basis data Firebird merupakan cabang dari edisi open source Borland Interbase pada tahun 2000, namun sejak Firebird 1.5, kode tersebut sebagian besar telah ditulis ulang.
(sumber dosenit.com)

kelebihan

1.Open Source yang fleksibel 
Firebird merupakan projek open source. pemakaian firebird baik untuk keperluan personal maupun keperluan bisnis tidak akan dikenakan biaya apapun
2.Kemudahan proses installasi
Proses Installasi firebird sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu melakukan download installer yang tersedia untuk berbagai OS yang berbasis Linux, Windows, dan Unix. Firebird dapat berjalan pada semua OS tersebut. Firebird juga tidak memerlukan spesifikasi kemampuan komputer yang tinggi untuk dapat beroperasi. semua komputer bahkan komputer jadul sekalipun dapat mengoperasikan program database firebird. membuat firebird menjadi program database yang sangat fleksibel.

kekurangan

1.Pengguna firebird relatif sedikit
Walaupun memiliki banyak keunggulan, Pengguna firebird relatif lebih sedikit daripada pengguna open source database lainnya. Sedikitnya pengguna ini tentu memunculkan pertanyaan besar, apa yang membuat database ini serasa tidak mendapatkan penghargaan atas apa yang dimilikinya.